Minggu, 31 Desember 2017

Teknik Jitu Pemanfaatan Tanaman Bambu Kuning Sebagai Pagar Rumah

          Pagar rumah tidak selamanya seharusnya menggunakan semen atau bangunan permanen. Salah satu kreasi yang bisa dilakukan untuk membangun pagar rumah yakni dengan menanam Bambu Kuning sebagai pagar hidup untuk rumah Anda. Karena estetika dari tanaman bambu kuning ini banyak dipakai dalam rumah minimalis modern. Tidak hanya itu, rupanya tanaman bambu kuning mudah hidup di tempat tropis, sehingga Anda tidak perlu repot kalau menggunakan bambu kuning sebagai pagar rumah.

          Tanaman Bambu kuning yang kerap dipakai sebagai tanaman pagar yakni Bambu Kuning Cina atau tanaman Bambu Telisik Kuning. Tidak jelas kenapa Bambu Kuning ini disebut Bambu Kuning Cina, meski tanaman bambu kuning ini banyak hidup di kawasan Asia Tenggara. Di habitat aslinya, Tanaman Bambu Kuning yakni jenis bambu yang banyak dijumpai di desa-desa, di pinggir-pinggir sungai, dan sebagai tanaman ornamental di perkotaan.

          Disebut tanaman Bambu Kuning Cina mungkin sebab tanaman ini menjadi komponen dari ilmu fengsui. Ada yang meyakini bahwa tanaman ini memiliki khasiat menurut ilmu fengsui untuk pembenahan tata ruang rumah, sebagaimana kita tahu bahwa fengsui yakni teori yang barasal dari negeri Cina. Selain dimanfaatkan menjadi pagar rumah, Tanaman Bambu Kuning juga berkhasiat untuk pengobatan. Pada pengobatan Cina, bambu kuning kerap dipakai untuk mengobati dan menyembuhkan infeksi. Bambu mengandung sumber potassium yang rendah kalori serta memiliki rasa manis yang familiar sebagai sumber protein dan gizi yang baik bagi tubuh.





Menanam Bambu Kuning Sebagai Pagar 

 

          Sebagai pagar rumah, tanaman bambu kuning ini bisa ditanam pada media dan zona yang diinginkan. Ada berjenis-jenis metode dalam menanam bambu kuning, selain itu metodeyang  termudah dan kerap dilakukan yakni stek rumpun atau cabang. Kebanyakan, rumpun yang ingin distek yakni rumpun yang tidak terlalu muda dan tidak terlalu tua juga. Penanaman sebaiknya dikerjakan pada akhir periode musim hujan, dengan jarak penanaman 6 - 12 m x 6 - 12 m.

          Langkah Pertama dalam menanam bambu kuning yakni menyiapkan benih, benih bambu kuning bisa didapat dengan metode stek batang, rhizome, atau cabang. Beda jenis bambu bisa jadi beda metode mempersiapkan bibitnya. Seumpama bambu petung, pembibitan bisa dikerjakan dengan ketiga jenis stek. Untuk bambu apus, stek cabang dan rhizoma saja yang disarankan, meski bambu kuning bisa menggunakan teknik pembibitan stek rhizome.

          Media tanam guna tanaman bambu kuning diisi dengan pupuk dan ditambah dedaunan serta tanah hasil galian, kemudian dikomposkan sekitar 2 bulan. Sebaiknya untuk menanam bambu kuning ini dilakukan pada musim hujan, sekitar bulan Desember - Januari atau paling lambat Februari, benih bambu sudah seharusnya ditanam di lubang yang telah dikomposkan.

          Tanaman bambu kuning memerlukan perawatan yang pas agar tumbuh dengan baik. Perawatan tanaman bambu kuning mencakup penyiangan dan pembersihan tanaman dan lingkungan sekitar zona tanam, penyemprotan herbisida atau pestisida untuk menyelesaikan gulma dan hama, pemupukan, pemangkasan untuk merapikan rumpun yang telah mulai tumbuh tinggi, dan penjarangan.

          Nah, setelah tanaman bambu kuning tumbuh dengan baik dan subur, kecuali menawan, tanaman bambu kuning juga berkhasiat sebagai pagar rumah Anda. Rumah Anda nampak asri dengan pagar hidup yang menawan dan segar.


Apabila Anda Membutuhkan Atau Ingin Memesan Karung Beras. 
SMS/CALL/WA Kami Di : 0877-0282-1277 | 08123-258-4950 | 0852-3392-5564 
Phone: 031-8830487.
Untuk info harga Karung Beras silahkan klik DISINI

@ULM


Tidak ada komentar:

Posting Komentar